Jumat, 27 Februari 2015

kisi-kisi un matematika smk tahun 2014/2015


Kisi-kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Ajaran 2014/2015



Kisi-kisi UN SMK KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN

Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMK/MAK jurusan/program TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN SMK/MAK mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika untuk jurusan/program TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN SMK/MAK, disamping itu diujikan juga Teori kejuruan dan Praktek Kejuruan SMK/MAK. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program di SMA/MAK.


1.Kompetensi
Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.
  ▪Indikator
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
2.Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
▪Indikator
Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
3.Kompetensi
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, program linear, dan sistem pertidaksamaan linear.
▪Indikator
Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
Menentukan model matematika dari masalah program linear.
Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
4.Kompetensi
Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah.
▪Indikator
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
5.Kompetensi
Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
▪Indikator
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
6.Kompetensi
Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
▪Indikator
Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung volume bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
7.Kompetensi
Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
▪Indikator
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
8.Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.
▪Indikator
Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
9.Kompetensi
Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah.
▪Indikator
Menentukan permutasi atau kombinasi.
Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
10.Kompetensi
Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.
▪Indikator
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
Menghitung ukuran pemusatan data.
Menghitung ukuran penyebaran data.
11.Kompetensi
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
▪Indikator
Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
12.Kompetensi
Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah.
▪Indikator
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
Menentukan volume benda putar.
13.Kompetensi
Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah.
▪Indikator
Menyelesaikan model matematika dari masa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar